Cara Memeriksa Link Rusak dan Memperbaikinya

Cara Memeriksa Link Rusak dan Memperbaikinya

Aori Blog - Link rusak dapat disebut sebagai link mati, rusak, dihosting buruk, atau tidak aktif. Broken link merupakan salah satu faktor penyebab turunnya kualitas sebuah blog terutama faktor SEO dan yang dapat menurunkan rangking blog sobat di mesin pencari.

Berikut pelajaran ini langkah-langkah untuk menemukan dan menghentikan link rusak serta mencegahnya.

Apa itu Broken Link

Dalam definisi sederhana: Link rusak adalah link yang ketika dibuka, mengarah ke halaman kesalahan 404, mati atau tidak aktif.

Sebagai pengunjung baru di blog atau situs web, Anda mencoba masuk ke link dengan deskripsi yang bagus dan Anda menemukan link itu mengarahkan Anda ke laman kesalahan. Kemungkinan besar Anda tidak akan kembali ke blog atau situs web semacam itu.

Link rusak memengaruhi tingkat kepercayaan pengunjung terhadap informasi atau layanan yang disediakan oleh blog atau situs web.

Penyebab Link Rusak

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan rusaknya link. Faktor-faktor tersebut dibahas di bawah ini:

1. Kesalahan atau Kesalahan Penulisan Link

Saat menulis link, anda harus tetap fokus dan berhati-hati dengan membaca artikel berulang kali. Link rusak juga bisa menjadi link eksternal yang bukan bagian dari blog Anda, jadi berhati-hatilah.

2. Perubahan Domain

Setelah ada perubahan dalam domain Anda, pastikan semua link benar-benar dialihkan ke domain yang baru Anda dapatkan.

3. Perubahan permalink posting / artikel

Setiap kali ada perubahan pada judul posting, itu juga mempengaruhi permalink tetapi dalam banyak kasus itu berubah secara otomatis. Juga mungkin ada masalah dalam mengubah secara otomatis sehingga Anda perlu memeriksa ini dan membuat perubahan manual.

4. Perubahan dalam direktori situs

Masalah ini hanya muncul pada situs yang dihosting sendiri seperti Wordpress. Saat Anda memindahkan file ke direktori baru, semua link berubah. Oleh karena itu Anda perlu dialihkan ke direktori baru.

5. Komentar Blog

Ketika sebuah komentar dijatuhkan di kotak komentar yang berisi link, ketidakaktifan link ini juga menyebabkan link rusak. Ini adalah tipe paling kritis karena pemilik blog mungkin tidak menyadarinya. Jadi disarankan untuk tidak mengizinkan posting link di bagian komentar.

6. File yang Dihapus

Link ke file yang dibuat untuk diunduh misalnya gambar, video, PDF, atau lainnya harus dipantau dengan baik jika file tersebut dihapus atau dipindahkan dari suatu alamat ke alamat lain. Ini juga menyebabkan link rusak, harap perhatikan.

Cara Memeriksa link yang Rusak

Ini dapat dilakukan dengan memeriksa link satu demi satu ... LOL. Kedengarannya gila? Anda akan bertanya kepada saya bagaimana jika Anda memiliki jutaan link di blog Anda. Tapi jangan takut.

Beberapa situs web memungkinkan Anda untuk dapat memeriksa link rusak di blog Anda secara gratis tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Hanya membutuhkan sedikit waktu!

Jadi, bagaimana Anda melakukan ini? Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka situs yang diberikan:
    https://brokenlinkcheck.com
  2. Masukkan alamat blog Anda dan klik Find broken links
  3. Check Broken Link
    Check Broken Link Web
  4. Isikan kode pengaman yang benar sesuai gambar yang muncul dan klik Find broken links now!
  5. Tunggu sampai blog diperiksa sepenuhnya. Setelah beberapa saat laporan akan keluar
  6. Broken Link Sukses
    Tidak ada link rusak di Aori Blog

Menyingkirkan link Rusak

Gambar di atas adalah laporan untuk blog Longtechy. Tidak ada link rusak atau mati yang ditemukan di blog. Mari kita lihat dan lihat terus seperti ini.

Seperti yang saya katakan, link mati sebagian besar berasal dari URL di bagian komentar terutama link profil pemberi komentar. Jadi untuk mengatasinya ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini:

  1. Nonaktifkan URL profil di komentar blogger. Sama seperti di blog ini, link yang berisi komentar tidak diperbolehkan dan nama pemberi komentar tidak memiliki link ke profil.
  2. 2. Untuk kesalahan lain yang dilaporkan, klik tombol src di sebelahnya dan Anda akan diarahkan ke artikel tersebut. Hapus saja atau edit link

Pencegahan

  1. Saat menulis link yang merupakan bagian dari blog Anda, jangan menulis secara lengkap dengan subdomain. Lihat contoh di bawah ini:
    https://www.aoriblog/p/contact.html
  2. Tuliskan hanya di area yang ditandai mulai dari garis miring ( / ).

    <a href="/p/contact.html" title="Contact">Contact</a>

    Hal ini dilakukan dengan cara ini karena suatu saat Anda mungkin akan mengubah domain. Anda tidak perlu menulis ulang link Anda, link itu akan diarahkan ulang secara otomatis

  3. Jangan aktifkan link eksternal, buatlah dalam bentuk teks karena Anda mungkin tidak mencatat perubahan pada link dan yang dapat menyebabkan kerusakan

Catatan : Saya sarankan Anda memeriksa link rusak secara teratur untuk setidaknya sekali dalam tiga bulan hanya untuk pemeliharaan preventif.

Penutup

Demikian artikel mengenai Bagaimana Cara Memeriksa Link Rusak di Blog dan Memperbaikinya, Semoga bermanfaat artikel satu ini, cukup sekian dan Terima Kasih.

Posting Komentar
Cara Memeriksa Link Rusak dan Memperbaikinya
Cara Memeriksa Link Rusak dan Memperbaikinya
Aori Blog - Link rusak dapat disebut sebagai link mati, rusak, dihosting buruk, atau tidak aktif. Broken link merupakan salah satu faktor penyeb…
Bagikan ke aplikasi lainnya:
  • WhatsApp
  • Telegram
  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LinkedIn

Artikel Terkait

Posting Komentar

  • Menulis kode gunakan <i>kode</i> (kode harus di-parse)
  • Menulis dalam syntax highlighter gunakan <em>kode panjang</em> (kode harus di-parse
  • Menyisipkan gambar gunakan <strong>URL GAMBAR</strong> (ekstensi .jpg, .png, .gif, .webp, .ico)
  • Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ke email saat ada yang membalas komentar.